Welcome


Rabu, 14 November 2007

Blogspot ga ada feature kategori ? Jangan Salah!

Kemarin di kelas hari rabu pagi Pak Johan sempat bilang 2x kalo blogspot ga ada kategori. Benarkah ? sudah pernah di coba dengan mengeksplor template untuk pengaturan tampilan ? Jika ya maka bisa di bilang pak Johan salah besar. Tidak hanya wordpress yang memiliki feature untuk memudahkan user dalam kategorisasi. Blogspot dapat melakukan demikian.
Pada posting ini saya akan membagi sedikit ilmu buat teman-teman yang masih bingung bagaimana membuat kategori pada blog anda sehingga posting2 anda tersusun dengan rapi. Hanya saja perlu diingat, Tampilan home selalu menampilkan semua posting yang ada, namun telah terkelompokan dengan rapi jika mengklik pada navigasi category yang sudah tersedia.
Sebagai contoh teman-teman bisa melihat pada bagian Kategori pada blog ini. Disitu ada IT yang mana kalo di klik akan menampilkan semua posting mengenai IT. Bukankah itu yang di maksud dengan kategori Pak Johan ?
Bagaimana caranya ?
Setelah teman-teman login kedalam blogspot teman-teman, klik pada template kemudian akan muncul window baru untuk men-setting tampilan blog teman-teman. Pada bagian bawah ada button "tambahkan sebuah elemen". Pilih "LABEL" kemudian beri nama "Kategori" atau apapun itu sesuai keinginan teman-teman (Judul). Label yang telah di buat dapat teman-teman tarik dan letakan sesuai posisi yang teman-teman inginkan. Jika di lihat baik-baik. Settingan tampilan ini rada-rada mirip dengan applet atau jiglo pada java untuk mengatur tampilan.
Setelah label telah di buat. Klik post untuk memposting sebuah artikel atau tulisan teman-teman. Coba perhatikan di bagian bawah. Disitu ada kolom textbox "label untuk posting ini" Berikan label sesuai postingan teman-teman. Entah itu IT, Music atau apapun. Seperti punya saya, saya berinama IT. Sehingga pada saat saya mempublikasikan postingan yang saya beri label IT maka akan secara otomatis terbuat sebuah kategori IT pada Label yang telah teman-teman buat tadi (settingan tamplian seperti jiglo yang saya bilang tadi). Bingung ? Saya sendiri bingung mau jelasin gimana hehehe... Jangan takut. Kalo teman-teman mengikuti seperti langkah-langkah yang saya tulis pasti berhasil.
Untuk label yang telah kita buat pada posting sebelumnya, seperti IT, jika kita buat posting baru lagi dengan label IT, maka posting itu akan masuk secara otomatis bertambah pada kategori IT. Tetapi jika teman-teman membuat posting baru dengan label lain contoh "music" maka kategori untuk musik akan secara otomatis terbuat (jika tidak ada posting dengan label music sebelumnya, tetapi jika sudah ada, maka secara otomatis akan menambah pada kategori music yang sudah ada).
Sekarang jelaskan ? Blogspot juga memiliki feature untuk mengkategorisasi postingan teman-teman

Selamat Mencoba

Marchel H K
682005014

4 komentar:

Fey mengatakan...

wah bung marchel....analisis yg lumayan lah...Hmmm.... ga sia2 jg saya ngajarin anda wkkkk....
thx to cok...
liat2 blog gw ya...unik dah post2nya wkkk...hasil copy paste smua tuh...
wkkk....
imager-fey.blogspot.com

Johan Jimmy Carter Tambotoh mengatakan...

Hehehehe.....

Mantapsss....hehehe...nah ini yang namanya Knowledge Management. Terjadi sharing pengetahuan kan...?

Okei .... tks untuk masukannya. Saya pun bisa belajar. Ayo terus gali kedalaman BLOG..!!!!

Dan si Ferry udah mencobanya..hmmm tapi masih COPAS??? Gpp untuk awalnya tapi kalo bisa dikasi analisisnya donk...jangan asal COPAS aja.... trus jangan lupa sumbernya juga.

Okei...tks.!

Marchel's Blog mengatakan...

oo kamu ketahuan... (nyanyi...) wokwokwokw

Seno mengatakan...

Ini yang dicari. Makasih nih Bung Marchel, langsung pasang.. Salam Kenal. Seno.