Welcome


Selasa, 23 Oktober 2007

Internet Service Provider (ISP) di Salatiga

Wedew… Gak tau angin apa tiba2 pengen tulis review tentang ISP (Internet Service Provider) yang ada di Salatiga ini. Pengalaman ma ISP2 disini dah lumayan, jadi mau share dikit ma teman2. Jadi besok2 kalo rencana mau masang internet di kost sendiri dah ada gambaran sedikit tentang ISP2 yang ada jadi gak salah milih and menyesal pada akhirnya (NB : Pengalaman pahit dari penulis T_T )

Buat yang hobi and dah freak ama Internet pasti buat keluar duid untuk menggunakan akses internet di computer sendiri apa pun akan di lakukan. Pengalaman Pribadi, Handphone jadi target utama pencairan dana kalo pas lagi ga da duid wakakkakak… sttt… diam2 aja.

Di salatiga yang aq tau ada beberapa ISP, antara lain Indomedia (Kantornya di gedung E), Indonet, Grahamedia Net (Dipo 66), dengar-dengar BB Net juga ISP tapi basis untuk corporation/company gitu, Posnet yang dengar-dengar juga sekarang mau menuju ke bisnis ISP (gak tau bener pa ga, itu berdasarkan sumber dari salah satu dosen di kelas). Tapi yang akan aq bahas Cuma Indonet, Grahamedia, Indomedia, Posnet (kurang lebih).

Indomedia

Udah dua kali putus nyambung langganan ma ISP ini. Waktu pertama kali Biaya Instalasinya Cuma 750rb aja dan dulu itu masih ada yang namanya paket mahasiswa (student), dosen, ama umum. Waktu itu juga masih ada system vocher, jadi ga mutlak mesti berlangganan unlimited (akses inet sepuasnya tanpa batas) yang besarnya 350rb. Tapi terakhir waktu aq nyambung lagi masih kena instalasi 1jt. Dan untuk sekarang dah gak ada tuh yang namanya paket2 untuk mahasiswa, dosen, dan umum. Yang ada hanya satu. Semua di gabung. Charge untuk instalasinya juga satu, yaitu 1jt untuk yang jangkauannya dekat ma pemancar, jadi antenanya dapat antenna dari panci (itu loh yang biasa di pake untuk masak di dapur ama ibu2) yang di buat menyerupai antenna (aneh… harganya masa 1jt, percaya ga ? aq aja shock pas tau itu dari panci….). Kabelnya gede item bikin pusing kalo di atur dalam kamar. Soalnya keras, gak bias di atur sesuka hati. Gak bias di bengkokin sana sini sini. Pas colok di computer juga mesti tenaga ekstra. Di tekan trus puter deh skrup depannya untuk nyambung ke LAN Card yang di kasi dari mereka untuk komputermu. Yang daerahnya agak jauh dari jangkauan kudu pake yang 1,5jt. Antenanya kayak jaring2. Pernah liat antenna yang berjejer di atas gedung F ? nah kayak gitu itu. Ato ga antenna di gedung Pasca Sarjana ? Itu antenanya. Kalo yang ini kabelnya dah kabel kecil, UTP, yang kayak kabel telpon itu. Enak. Tinggal tarik, bisa di atur sesuka hati, and ga perlu LAN Card lagi, soalnya tinggal plug (colok) ke motherboard aja. Simple.

Langganan ma ISP ini rada2 bikin Pusing. Kalo kamu liburan dan internetnya gak kamu pake sebulan, kamu tetap kena charge 350rb iuran bulanannya itu. Jadi pake ga pake tetap bayar… --a

Untuk Masalah koneksi mereka ada polanya. Berdasarkan yang di jelasin. Itu ada urutannya. Jadi misalnya pas kamu login ke dalam hotspot pake username ama password, ntar kamu langsung masuk dalam sistem urutan. Jadi misalnya pas kamu masuk, di urutan ke lima ato ke berapa, kamu mesti nunggu. Nah yang di urutan pertama itu katanya sih koneksinya kenceng. Jadi mesti tunggu giliran untuk dapat urutan satu itu. Pola nya berputar terus. Jadi semua rasa. Kalo lagi sepi yah bandwith nya kamu sedot semua, di hajar buat download ngacir tuh. Dulu sih tips dari aq, biasanya download pagi2. Jam 3 ato 4 gitu biasanya sepi. Rate downloadnya aja bisa ampe 35 KB. Keren ga tuh ? tapi jangan senang dulu. Belakangan waktu terakhir aq mau cabut internetnya. Leletnya dah minta ampun. Download aja ratenya bisa 3 KB, sekitar ini. Mentok mungkin 5 KB. Gak tau kenapa, ato sekarang dah berubah ? aq gak ambil pusing… soalnya dah minggat ke ISP laen. Jadi kalo cepet, you bahagia, tapi kalo pas lagi lelet, tunggu deh ampe ubanan baru tuh downloadan selesai. Sabarr… Yang bikin kesel, hampir tiap 3 jam ato 2 jam (sekitar itu) ntar terputus, you mesti login lagi (bikin pusink)… Jadi kalo you download mesti di jaga, sakit hati kalo dah 80% trus putus you lupa login ?

Oh ia… Buat teman2 yang di daerah kota kesana, aq gak recommended untuk make Indomedia. Pengalaman temanku menyedihkan banget. Dulu waktu survey dari orang Indomedianya di tempat temanku katanya bisa. Setelah dah bayar semua dah berlangganan kurang lebih tiga bulanan, Internetnya jadi parah. Putus mulu. Ampe bisa sebulan kali tuh internet gak beres. Akhirnya dia putusin berhenti. Sayanglah bayar 350rb tapi internet kayak gitu. Jadi di putusin mending stop. Tapi sayangnya gak terima dispensasi sama sekali dari orang2 Indomedia (parah tuhh… gak nyadar.. yang bilang bisa dulu kan mereka, sekarang gak bisa kek gitu gak balikin duid dikit kek ato gimana… parah…)

Untuk daerah kemiri ato belakang kampus Indomedia lumayan signalnya. Gede… Tapi kudu make tiang biar gak kehalang ama pohon2 besar di tempat jual rujak tuh.. wakkakaka…Keknya daerah kekuasaan tuh signalnya. Nabrak frekuensi orang juga kali wokwokwowo ampe kalo kamu search signal banyak tuh hotspot2 dari indomedia ini.

Buat Gamer, yang suka game online. Jangan harap deh… Indomedia belom bisa tuh untuk game Online. Cuma server International doank… Jadi browsing too… Dulu waktu aq mau masang yang kedua kalinya, janjinya sih bulan depan ato dua bulan lagi mau masuk tuh gamenya (dah senang2 dulu)… Ternyata, 3 bulan ampe taun depannya gak nongol2 tuh katanya yang dah kerjasama ama Indosat… Omongan doank rugi aq waktu itu masang lagi. Katanya kalo dah masuk bisa tinggal pindah account jadi ga kena charge lagi… Tapi ternyata setelah setaon berlangganan gak ada tuh yang namanya bisa game online.

Untuk Pelayanan lumayan bagus. Plus point dah buat Indomedia untuk yang satu ini. Cukup friendly pelayanannya. And kalo ada masalah respondnya cepat. Tinggal call buat janji ntar mereka samperin ke kost. Biasanya sih tepat janji.

Grahamedia

Sekarang lagi make ISP yang ini. Kantornya di lantai tiga dipo 66 (kost putri itu). Initial Costnya 1,5jt. Antenanya beda kayak yang di Indomedia. Dengar2 sih lebih canggih, bentuk nya juga lebih kecil. Dah pake kabel UTP juga. Simple.

UPDATE :
Dengar2 sekarang buat mahasiswa cuma 500rb buat initial cost :( tiap bulan tetap 350rb..

Untuk koneksi udah cukup bagus. Pembagiannya jelas. Untuk download juga kisaran ratenya bisa 7,5KB and jarang Putus untuk login ulang kayak Indomedia. Jadi kalo lagi download, tinggal tidur aja bangun2 udah selesai. Jadi jangan takut lelet, soalnya berdasarkan pengalaman sih, 7,5 KB itu dah pasti di tangan.

Di Grahamedia ada paketan. Untuk Broadband ama IIX Only. Jadi untuk Broadband itu servernya international and IIX (Bisa untuk browsing international dan game online). Cuma untuk game2 yang agak berat paket ini kurang di recommended. Mending ke IIX only. Paket ini khusus untuk server dalam negeri aja. Paket game only. Ragnarok Online pake paket ini dah bagus. Gak terlalu nge lag.

Update :
Berdasarkan pengalaman beberapa bulan terakir. Paket broadband untuk game online dah cukup bagus. Lag masih bisa di terima akal sehat ^^ jadi jangan takut. Tapi kalo emang awalnya game oriented ya pake IIX ini cocok buat jadi pilihan.

Biaya bulanannya juga sama untuk dua paket ini. Gak beda. Cuma untuk mahasiswa dapat potongan sebesar 100rb. Jadi hanya 350rb perbulan. Tapi kalo kalian mau ambil paket umum 450rb perbulan, bandwitch nya lebih gede, 128 kbps (dengan download rate bisa sampe 16KB asliii kencengg abizz...)

Dulunya grahamedia pasarannya Cuma buat corporation/company, tapi beberapa bulan kemarin mereka dah buka untuk personal buat mahasiswa. Ya iyalah... mau untung gaet mahasiswa donk, salatiga kan penuh dengan mahasiswa wowkokwokwo... Kalo harga nya di turunin lagi pasti lebih rame tuh usernya... ^^

UPDATE :
Masalah Interfensi dah jarang terjadi lagi.

Pelayananya juga cukup user friendly. Orangnya ramah2. Respondnya juga kalo ada masalah bagus, Cuma kudu sabar … kesabaran anda di coba (halahk bahasanya…wkekeke).
Kekurangannya mungkin Cuma kalo kena interfensi doank. Yang daerah kemiri tuh. Perang ama Indomedia kali heheheh…

Kalo sekostan yang make kurang lebih 5 orang, biaya bulanannya dengar2 bisa jatuh lebih murah, 300rb sebulan. Untuk ISP ini cukup recommended. Kalo punya duid lebih, mending pake ISP ini, di jamin bisa di percaya (Bukan karna saya di bayar loh untuk promosi), tapi kalo gak sesuai kenyataan jangan saya yang di kejar karna menyebarkan berita bohong lewat blog ini, tapi kantornya yang di datengin hahahaha becanda dink x)

Untuk kualitas jelaslahhhhhhhh... bisa di bilang yang punya plus point lebih banyak dari ISP lain di salatiga. Mungkin promosinya kurang kali ya jadi beberapa teman2 belum terlalu tau, gak kayak indomedia yang promosinya lewat selebaran yang di tempel di papan pengumuman gedung E. Tapi sekarang selebarannya dah ada. Kalian bisa dapat di depan kasir kent donat. Jadi pas ada kesempatan beli donat, coba liat2 di depan meja situ, ada tuh kertasnya. Ambil aja.

Liat aja secara teori. Kalo teman2 Pasang Indomedia kena biaya 1,5jt + 350rb biaya bulananya teman2 hanya dapat akses untuk browsing saja, sendangkan dengan harga yang sama, di grahamedia, teman2 dah bisa browsing international + server local untuk akses game online. Kenapa gak pilih yang features nya lebih ? Tanya kenapa…. kulaitas boo...

NB : tidak bermaksud untuk menjatuhkan salah satu pihak dari company manapun yang merasa di rugikan. Ini hanya review, dan negara kita kan negara demokrasi ? bebas berpendapat donk ? apalagi ini bukan boong2an tapi berdasarkan pengalaman sang penulis (halahkk...)


Posnet

Aq belom pernah pake dari Posnet. Setahuku posnet Cuma warnet doank, gak jual bandwidth, tapi kata teman, di kost2an mereka ambil dari Posnet. Kalo mau aq bilang jangan pake yang satu ini, gak recommended. Secara pasarannya juga gak jelas, mungkin Cuma dari mulut ke mulut. Teman2q yang pake posnet testimonial pribadi sih ngerasa ketipu, awal2 katanya cepat, tapi belakangan lelet bukan maen. Kesannya dia dah bahagia kalo nge download 2 KB ratenya sedangkan dengan grahamedia teman2 bisa dapat 7,5 KB … jauh kan … /rese … Cuma emang murah sih… 150rb perbulan. 128 di share untuk 10 orang. Kalo mau nyaman, mahal dikit kenapa tidak ? Untuk mendapatkan sesuatu butuh pengorbanan (Lagi2 pengalaman pahit pribadi penulis T_T ) huehuehue….

Indonet

Waduh kalo yang satu ini agak mahal. Gak buat keuangan anak kost deh. Mahal bisa 450 ato 500rb perbulan untuk yang unlimited. Teman2 ambil paket 12,5KB untuk server IIX aja kisarannya 350 – 450 rb (ga bisa international). Dulu sempat mau masang yang ini sih, Cuma waktu survey ke tempatku, katanya signalnya kecil.Kudu masang Tower (gila aja…. bayar berapa tuh, bisa bengkok…) ketutup ama pohon2 and Interfensinya gede banget gara2 dah full di kemiri.


Untuk BB.Net aq kurang tau. Dari Review beberapa ISP diatas teman2 dah ada gambarang untuk kelebihan dan kekurangannya. Saran dari saya, dipikir baik2 sebelum memutuskan untuk pilih ISP yang mana.Ada bagusnya pas waktu Trail itu di coba semaksimal mungkin, biar kalo gak puas mundur lebih dulu, dari pada nyesal ntar. Pilih ISP sesuai kebutuhan, tapi keknya pada dasarnya semuanya sama… Speedy aq recommended buat teman2 yang suka browsing too and jarang download. Browsing pun mungkin gak sering2 amat and gak makan kuota gede. Ambil aja yang paket 1 GB itu 200rb perbulan. Pasti gak ke pake full. Tapi buat teman2 yang suka nge download, game online, pake speedy bisa mencret. Mending ambil ISP yang nawarin service unlimited dengan harga waras. So… Pilihan ada di tangan anda… Good luck…

Marchel H Kakisina

682005014

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Analisa yang bagus.....

kahosadi mengatakan...

You are ISP geek bro....

Jati Hendrawan mengatakan...

Karena saya sudah menggunakan semua, menurut saya :
Dalam Pelayanan rangkingnya:
1. Grahamedia (Paling Bagus)
2. BNA
3. Indomedia
4. Indonet
5. Speedy (Paling payah)

Dalam Hal stabilitas, kecepatan berbanding harga :
1. Speedy
2. BNA
3. Grahamedia
4. Indomedia
5. Indonet

Unknown mengatakan...

awal mulanya sih bagus. tapi sekarang payah. download gedean dikit, putus tengah jalan. gimana neh grahamedia...

jharrvis mengatakan...

lho kok BMP.Net ga direview :P
BMP.NET.ID dulunya indonet, sekarang udah berdiri sendiri dengan nama BMP.NET.ID